Cara membuat Posting Instagram Muncul Lebih Sering di Feed Followers Anda

Anda sudah membuat banyak postingan di instagram, namun postingan anda tidak muncul di feed follower anda?

Jika jawabanya adalah IYA, lanjutkan membaca…..

Algoritma baru Instagram tidak lagi bekerja memunculkan postingan berdasarkan kronologi tetapi berdasarkan relevan atau tidaknya posting anda dengan follower anda.

Jadi gimana cara algoritma baru Instagram ini bekerja?

Algoritma baru sekarang memunculkan konten yang dianggap relevan dan berguna bagi pengguna yang bersangkutan.

Sebelumnya, Instagram bekerja berdasarkan kronologi postingan, first come first served, yaitu postingan yang terbaru yang akan berada muncul di bagian atas feed pengguna.

Kekurangan dari sistem ini adalah follower jadi melewatkan posting yang relevan dan sesuai dengan minat mereka.

Untuk mengatasi problem ini, maka Instagram mengubah algoritma nya untuk memprioritaskan postingan yang dianggap relevan dan berarti bagi masing-masing orang, berdasarkan history aktivitas dan engagement mereka terhadap konten-konten di Instagram.

Contohnya, jika Anda memiliki histori menyukai posting yang bertema kucing, maka instagram akan menampilkan posting dengan tema serupa.

Berikut beberapa faktor yang dipakai sebagai acuan algoritma baru ini:

  • Jumlah engagement (likes, shares, comments)
  • Relationshiop dengan followers Anda
  • Waktu postingan
  • Profile Search.

Jumlah engagement (likes, shares, comments)  

Ketika Anda post, Instagram pertama akan menunjukkan postingan Anda ke sebagian kecil followers Anda. Kemudian Instagram akan melihat dan mengukur aktivitas engagement nya seperti likes, shares dan comments. Instagram juga akan melihat seberapa cepat orang berinteraksi dengan postingan Anda.

Semakin banyak like, share dan komentar anda dalam suatu posting, semakin besar kesempatan posting tersebut berada di feed teratas follower anda.

Begitupun sebaliknya, semakin kecil atau tidak ada aktifitas dalam suatu posting, makin kecil pula kemungkinan posting muncul di feeds follower anda.

Relationship dengan followers Anda

Instagram sangat mementingkan interaksi antara sesama pengguna.

Misalnya, Gita sering komen di postingan kita sebelumnya, maka Instagram akan lebih sering menunjukkan postingan baru kita berikutnya di feedsnya Gita.

Relationship bisa juga berupa apakah Anda juga sering engaged dengan kontennya Gita, atau apakah Anda berinteraksi melalui direct message.

Waktu postingan.

Post content Anda di jam dimana followers Anda paling banyak online.

Dengan begitu, postingan Anda akan bisa mendapat lebih banyak engagement, karena Instagram juga menilai seberapa cepat orang berinteraksi dengan postingan Anda.

Profile Search

Ketika seorang follower mencari profile Anda di Search, Instagram akan melihat ini sebagai ketertarikan followers terhadap profile Anda.

Maka Instagram akan menyimpulkan bahwa konten Anda relevan dengan follower ini, dan akan cenderung menampilkan konten Anda lebih tinggi di feed follower tersebut.

LAKUKAN TIPS BERIKUT INI AGAR POST ANDA MUNCUL DI ATAS INSTAGRAM FEED

  • Dapatkan lebih banyak engagement.
    Buatlah foto dan video yang menarik. Buatlah posting yang sesuai dengan minat follower anda. Jika kebanyakan pengguna anda adalah pecinta kuliner buatlah posting foto atau video tentang makanan.
  • Post di waktu ketika follower anda paling banyak online. Jika Anda tidak tahu kapan waktu dimana follower anda paling banyak online, Anda bisa cek di Insights yang disediakan oleh Instagram (Anda perlu upgrade dulu ke Instagram business profile)
  • Belajar dari posting sebelumnya. Jika anda kesulitan membuat postingan yang mendatangkan banyak engagement, lihatlah postingan anda sebelumnya yang performanya bagus dan buatlah konten serupa. Gunakan Instagram Insights untuk membantu.
  • Post di Instagram Stories. Orang suka dengan konten Stories karena sifatnya spontan dan personal. Instagram juga menilai engagement yang ada di Stories ketika mengukur “relationships Anda dengan followers”.
  • Memanusiakan brand Anda. Sebisa mungkin kurangi konten yang berbau iklan, tapi lebih ke konten yang memberi kesempatan untuk berinteraksi dan bersosialisasi.Misalnya anda ingin menjual piyama. Daripada membuat postingan yang berbunyi “ yuk disorder sis’’, akan kedengaran lebih akrab jika Anda jika bunyinya, “tidur semakin nyaman ketika ditemani piyama Levina”.

Lakukan tips-tips di atas. Postingan Instagram Anda akan mendapat lebih banyak exposure dan engagement.